Cara Berjualan di Tokopedia 

Sedang mempertimbangkan berjualan di e-commerce? Cara berjualan di Tokopedia bisa Anda jadikan sebagai opsi, baik sebagai pemula atau sudah berpengalaman di bidang ini. Apabila berminat, berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti untuk mulai memasarkan produk di Tokopedia.

  1. Registrasi

Seperti di e-commerce lainnya, Tokopedia mengharuskan penjual atau merchant untuk membuat akun. Anda dapat mengakses laman registreasi di https://www.tokopedia.com/register.pl, lalu isi data-data yang dibutuhkan atau mendaftar dengan akun Facebook atau Yahoo. Begitu selesai, pilih Daftar Akun. Selanjutnya, Anda akan diminta konfirmasi lewat surel yang digunakan. Pada surel yang dikirimkan Tokopedia, klik Aktifkan Akun Anda.

  1. Verifikasi nomor ponsel

Akun Tokopedia milik Anda sudah aktif? Lanjutkan dengan memasukkan nomor ponsel milik Anda yang masih aktif lewat Verifikasi Sekarang. Pastikan ponsel Anda menyala, sebab Tokopedia akan mengirim pesan singkat berisi kode verifikasi. Masukkan kode tersebut, klik Submit, dan kalau ada konfirmasi, Anda bisa kembali ke Beranda untuk mengelola akun.

Cara Berjualan di Tokopedia

Tokopedia

  1. Membuka toko

Klik Buka Toko untuk memulai pengaturan dan lengkapi setiap informasi yang dibutuhkan. Ketika Anda mengisi nama toko, berhati-hatilah mengingat nama tersebut tak bisa diganti. Periksa ketersediaan nama dengan mengeklik Cek Nama Toko dan domain di Cek Domain untuk menghindari kesamaan. Lanjutkan tahap dalam cara berjualan di Tokopedia dengan melengkapi data pengiriman, opsi pembayaran, dan lokasi.

  1. Memasukkan produk

Dalam memasukkan produk, pastikan Anda sudah memegang data mencakup foto, fungsi produk, hingga manfaatnya. Jangan lupa klik Simpan supaya data tak terhapus atau Simpan & Tambah Baru kalau Anda masu menambahkan item anyar. Produk yang sudah dimasukkan akan muncul di etalase.

  1. Tunggu pesanan datang

Tokopedia biasanya akan mengirimkan surel bila ada konsumen yang memesan produk. Anda juga perlu mengaktifkan notifikasi dan sering mengecek toko untuk memeriksa pesanan. Tokopedia akan memberi waktu selama tiga hari pada merchant untuk melayani pesanan. Anda juga berhak menolah dengan alasan yang harus dimengerti konsumen.

  1. Kirim pesanan konsumen

Merchant yang baru menjelajahi Tokopedia mungkin membutuhkan waktu agak lama untuk terbiasa. Namun, seiring berjalannya waktu, Anda akan terbiasa menerima pesanan konsumen dan mengurusnya sampai produk tersebut sampai ke tangan mereka.

  1. Menerima dana hasil penjualan

Konsumen akan diminta melakukan konfirmasi begitu mereka menerima paket yang Anda kirimkan. Setelah konfirmasi, Tokopedia akan langsung memberikan dana kepada Anda sebagai merchant. Lantas, apa yang akan terjadi kalau konsumen tak kunjung memberi konfirmasi? Tenang, Tokopedia tetap akan mencairkannya ke saldo Anda bila konformasi tak dilakukan dalam dua hari.

Bagaimana? Tidak sulit, bukan, mempraktikan cara berjualan di Tokopedia pada para konsumen Anda?