Bisnis Kosmetik Buatan Sendiri 

Usaha kosmetik saat ini tengah menjadi usaha yang cukup menarik dilakukan di Indonesia. Konsumen kosmetik di Indonesia sudah mulai melek dengan berbagai macam pilihan brand kosmetik yang menawarkan produk dengan bahan komposisi berkualitas dan aman, punya bentuk kemasan yang menarik, dan tentunya punya kualitas produk yang tidak kalah dengan produk dari luar negeri. Bagi Anda yang ingin membangun bisnis kosmetik brand sendiri ada beberapa hal yang mesti diperhatikan agar bisa mendapatkan konsumen lebih banyak. Berikut adalah beberapa tips membangun brand kosmetik sendiri.

Pahami aturannya

Indonesia memiliki badan yang bertugas untuk memberikan ijin dan juga melakukan pengawasan terhadap produk-produk yang digunakan oleh konsumen Indonesia, salah satunya adalah BPOM. Dengan memahami aturan apa saja yang berlaku dari BPOM kepada produsen yang ingin menjual produknya di Indonesia maka Anda bisa meracik produk kosmetik hanya dengan menggunakan bahan-bahan yang aman. Memiliki sertifikat BPOM akan membuat konsumen lebih merasa aman dan lebih percaya dengan produk Anda.

Mulai dari produk yang spesifik

Untuk usaha kosmetik yang baru apalagi jika dikerjakan dengan indie sebaiknya memilih jenis produk yang lebih spesifik, jangan terburu-buru memproduksi segala macam jenis kosmetik sehingga kualitas yang ada pada setiap produk jadi tidak terawasi dengan baik. Produk kosmetik apa yang ingin Anda tekuni? Apakah produk make up, produk perawatan kulit, atau produk untuk perawatan tubuh. Dari situ kemudian Anda bisa menyempitkannya lagi misalnya produk make up yang ditargetkan untuk anak remaja, atau produk perawatan kulit bagi yang bermasalah dengan flek hitam, atau mulai dari produk perawatan tubuh yang aman untuk pemilik kulit sensitif, dan sebagainya.

Pasarkan secara online

Anda bisa menghemat banyak dana jika memasarkan produk melalui internet dibandingkan dengan membuka toko atau menyewa booth atau concept store di pusat perbelanjaan. Bukan berarti pemasaran via internet tidak membutuhkan biaya namun Anda bisa meraih konsumen yang lebih luas dengan memanfaatkan dunia online. Untuk bisnis kosmetik brand sendiri bisa mulai dengan aktif menggunakan media sosial, gunakan jasa influencer, buat situs sendiri, dan berbagai macam cara pemasaran online yang bisa Anda pelajari satu per satu.

Tingkatkan brand awareness

Selain dipasarkan secara online, Anda juga bisa memperkenalkan kosmetik yang baru ini kepada publik sesuai dengan target konsumen produk kosmetik Anda. Misalnya dengan mengunjungi dan menjadi peserta dalam acara-acara atau events yang pengunjungnya sesuai dengan target konsumen, melakukan demo langsung atau membuka beauty class dengan memberikan bingkisan produk kepada peserta yang ikut, atau ikut berbagai macam kampanye yang menyuarakan nilai yang sama dengan yang diusung oleh produk kosmetik Anda. Misalnya jika produk yang Anda produksi tidak melakukan uji coba terhadap hewan, produk yang lebih ramah lingkungan, memberdayakan perempuan, dan sebagainya.