Kosmetik Herbal

Maraknya peredaran kosmetik ilegal yang mengandung bahan berbahaya, membuat banyak produsen beralih ke bisnis kosmetik herbal untuk menggaet konsumen, seperti produk berikut ini misalnya.

Lidah Buaya

Lidah buaya sudah dikenal sejak lama memiliki khasiat yang bagus baik untuk kecantikan maupun kesehatan. Tak sedikit produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan campuran. Lidah buaya bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat, membasmi jerawat, menghilangkan komedo, mencerahkan kulit wajah, menghaluskan wajah dan mengecilkan pori-pori.

Lidah buaya juga bisa dipakai untuk meredakan iritasi dan mempercepat penyembuhan luka. Kemampuan ini membuatnya menjadi bahan yang tepat untuk dipakai di produk kosmetik pereda radang akibat jerawat. Bahkan tak sedikit pula yang memanfaatkan lidah buaya untuk mengatasi kebotakan.

Shea Butter

Shea butter merupakan ekstrak dari kacang pohon African Shea yang berbentuk lemak putih. Lemak putih ini dibuat dengan cara menghancurkan kacang tersebut kemudian dipanggang dan ditumbuk. Kacang yang sudah ditumbuk lalu direbus sehingga lemak putih segar akan naik ke permukaan.

Hasil pengolahan shea butter tersebut bisa bertahan selama 18 – 24 bulan. Manfaat shea butter cukup banyak yakni mengurangi stretch mark, menyembuhkan ruam, tanning dan mengatasi luka bakar. Shea butter juga sering dimanfaatkan untuk perawatan rambut dan bibir.

Cocoa Butter

Cocoa Butter

Kosmetik Herbal Cocoa Butter

Cacao butter adalah lemak kakao yang dihasilkan dari biji kakao. Lemak ini dihasilkan dengan cara menggiling biji kakao kemudian dipanaskan untuk memisahkan lemak dan endapan kakao. Lemak kakao ini mengandung zat yang bermanfaat untuk mengatasi bibir pecah-pecah, melembapkan dan menghaluskan kulit, menunda penuaan dan memudarkan stretch mark.

Cocoa butter memang cocok dijadikan produk bisnis kosmetik herbal. Tapi, Anda harus hati-hati karena tak semua orang cocok menggunakan bahan ini. Cocoa butter bisa menimbulkan reaksi alergi pada jenis kulit sensitif sehingga penggunaannya perlu dipadukan dengan bahan lain agar tak menimbulkan reaksi alergi.

Acai Berry

Acai berry yang biasa tumbuh di kawasan Amerika Tengah dan Selatan ini cukup populer di dunia kecantikan. Buah acai berry memiliki bentuk menyerupai cranberry dan blue berry. Buah ini sering diolah untuk dijadikan bahan kosmetik karena memiliki manfaat mengurangi jerawat, menghilangkan bekas jerawat, menjaga kulit agar nampak tetap berkilau, mengatasi bibir pecah-pecah dan menjaga kelembapan kulit.

Arnica

Tanaman bunga yang tumbuh di pegunungan Eropa dan Siberia ini merupakan tanaman herbal yang sering diolah untuk diambil minyaknya. Arnica memiliki banyak manfaat untuk kecantikan dan kesehatan. Salah satu manfaat dari tanaman ini adalah mengatasi ketombe dan mendorong pertumbuhan rambut.

Neem

Neem atau daun intaran merupakan tanaman khas India, Myanmar, Bangladesh dan Sri Lanka yang sering diolah untuk diambil airnya. Air daun neem bisa dimanfaatkan sebagai bahan produk bisnis kosmetik herbal dengan cara direbus kemudian didinginkan. Air daun neem memiliki manfaat sebagai penunda penuaan kulit, obat anti jerawat, anti inflamasi, melembapkan kulit, mencerahkan kulit, mengurangi lingkaran hitam di kelopak mata dan mengatasi komedo.