Fenomena artis Indonesia yang ramai-ramai membuka bisnis kosmetik brand sendiri membuat sebagian orang penasaran terkait cara memulainya.

  • Produk Kosmetik yang Akan Dijual

Pikirkan dengan matang terkait produk kosmetik apa yang ingin Anda produksi dan pasarkan. Jika telah menemukan titik temu, konsultasikan kepada pihak yang lebih mengerti untuk bermusyawarah tentang produk tersebut. Produk kosmetik bisa berupa bedak, lipstik, eyeshadow dan perlengkapan make up lainnya.

  • Ciri Khas Produk

Pastikan produk milikmu memiliki ciri khas agar lebih dikenal oleh konsumen. Ciri khas tersebut dapat Anda terapkan pada saat pemilihan warna maupun bentuk produk yang akan Anda jual. Bagi Anda yang ingin produk dengan ciri khas hitam putih pada kemasannya, maka gunakan warna monokrom pada semua produk. Jika ingin kemasan produk dengan karakter ceria maka gunakan warna cerah warna warni. Biasanya ciri khas produk akan dapat dirasakan hanya dengan sekali lihat oleh mata konsumen yang jeli. Usahakan membuat ciri khas yang seperti itu agar produk Anda laris manis dan dicari.

  • Logo Produk

Logo produk juga merupakan hal yang penting karena sebagian konsumen malah tertarik dengan logi suatu produk. Maka dari itu usahakan agar produk dari bisnis kosmetik brand sendiri milik Anda dapat menarik konsumen. Buatlah logo yang sesuai dengan karakteristik dan target pasar karena jika target pasar adalah kalangan perempuan remaja maka logo yang imut dan ceria menjadi pilihan yang tepat. Jika target pasarmu lebih tertuju pada perempuan dewasa maka buatlah logo dengan tampilan yang lebih elegan tapi juga jangan terlalu mencolok.

  • Kerjasama dengan Vendor

Untuk memproduksi kosmetik dengan brand sendiri Anda membutuhkan maklon kosmetik yang berperan sebagai vendor. Pilihlah jasa maklon kosmetik yang dapat diajak kerjasama dengan baik sehingga Anda leluasa bermusyawarah terkait produk yang akan diluncurkan. Pastikan kualitas produk Anda maksimal dengan menggunakan jasa mereka. Hubungan antara Anda dan pihak vendor akan menguntung keduanya.

  • Uji BPOM

Banyaknya brand kosmetik yang beredar tanpa sertifikat BPOM pastinya membuat sebagian dari pengguna kosmetik trauma. Pasalnya, kosmetik tanpa sertifikat BPOM tidak memiliki jaminan keamanan untuk digunakan. Banyak terjadi hal yang tidak diinginkan saat menggunakan produk kosmetik tanpa izin BPOM sehingga mengakibatkan muka hancur karena kandungan merkuri. Jadi, setelah produk Anda siap dijual jangan lupakan untuk mendapatkan sertifikat dari BPOM sehingga kosmetik dengan brand Anda sendiri itu dapat dipercaya dan aman.

Bagaimana menurut Anda? Sudah siapkan Anda untuk memulai bisnis kosmetik brand sendiri? Nyatanya tidak seberapa sulit untuk memulai bisnis tersebut, terlebih lagi Anda merupakan orang yang gampang untuk diajak bekerja sama.