Menjual Barang Online 2019

Pencarian tips menjual barang online semakin meningkat dari tahun ke tahun seiring bertambahnya jumlah penjual online shop maupun merchant di e-commerce. Berbeda dari awal kemunculannya, bisnis digital kini dianggap sangat menjanjikan. Bahkan ada banyak strategi pemasaran yang dikembangkan untuk membantu pelaku bisnis supaya usahanya tidak berhenti di tengah jalan.

Apa Anda berencana menjalankan bisnis online? Berikut lima tip pemasaran yang bisa diaplikasikan.

  • Merancang pemasaran konten

Strategi pemasaran konten pada dasarnya mengikuti tren yang sedang diminati masyarakat. Apalagi media sosial atau platform yang digunakan selalu mendapatkan update yang berpengaruh pada bisnis. Dalam hal ini, Anda harus siap menangkap macam-macam ide dan mengolahnya menjadi perencanaan yang bakal membantu promosi online shop agar tetap relevan. Marketer cerdas juga tipe orang yang senantiasa mempersiapkan banyak hal sejak jauh-jauh hari.

  • Ciptakan konten orisinal dan relevan

Tak dapat dipungkiri bila dalam bisnis digital konten adalah segalanya. Konten, baik dalam bentuk teks, foto, ilustrasi, audio, maupun video, menentukan calon konsumen untuk mengikuti usaha Anda atau malah meninggalkannya. Salah satu ciri konten yang bakal diminati adalah bersifat relevan dan orisinal. Konten yang bersifat personal juga masih diminati sampai sekarang, sebab dianggap dekat dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen.

  • Memakai jasa influencer mikro

Tips menjual barang online selanjutnya adalah menggunakan jasa influencer. Bedanya, kalau pada tahun-tahun sebelumnya influencer dengan followers banyak menjadi prioritas pegiat bisnis, maka sejak 2018 strategi pemasaran di bisnis digital lebih fokus kepada influencer mikro. Jenis influencer ini memang memiliki followers kurang dari seratus ribu atau sekian puluh ribu, tetapi dinilai lebih organik dan mampu membangun komunikasi yang baik dengan para pengikutnya.

  • Atur pencarian pada search engine

SEO atau Search Engine Optimization masih menjadi prioritas pebisnis online untuk menggaet target audiens yang lebih luas. Namun, seperti halnya memilih influencer, optimasi yang diterapkan berbeda dari strategi-strategi pemasaran sebelumnya. Mesin pencari seperti Google maupun Bing kini lebih menyukai konten organik dengan pemakaian keyword yang lebih relevan. Jangan masukan keyword terlalu banyak demi masuk laman pertama karena malah akan dianggap sebagai spam.

tips jualan online

menjual barang online

  • Sampaikan dengan storytelling

Menjual produk atau mengenalkan merek secara terang-terangan justru akan membuat calon konsumen menjauh dari Anda. Maka dari itu, Anda harus menerapkan metode yang lebih lembut dan persuasif, salah satunya dengan storytelling. Perkenalan lewat pendekatan personal akan membuat ikatan emosi di antara produk Anda dengan konsumen. Ketika mereka mulai tertarik, mulai tonjolkan keunggulan dan manfaat yang akan diberikan dari produk Anda.

Demikian rangkaian tips menjual barang online yang ampuh pada 2019. Mudah-mudahan bisnis Anda berjalan lancar!