Tips Membuka Usaha Kosmetik 

Usaha kosmetik rumahan memang cukup menggiur. Banyak orang yang berhasil meraih sukses di bisnis ini. Namun, sebagai pemula, pastinya ada beberapa kesulitan untuk memulainya. Nah, berikut ini tips sukses untuk membuka usaha kosmetik bagi Anda yang masih pemula.

Tips Usaha Kosmetik

  1. Mencari Lokasi Strategis

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mencari lokasi untuk berjualan. Lokasi tersebut haruslah yang strategis, di mana banyak orang lalu lalang atau daerah yang banyak pengguna kosmetik, sehingga peluang untuk mendapatkan konsumen lebih besar. Biasanya, lokasi strategis ini terletak di pinggir jalan ramai, dekat pusat kota, sekitar kampus, dan sebagainya. Akan lebih menguntungkan lagi jika rumah Anda sudah berada di lokasi strategis. Anda tidak perlu menyewa tempat usaha, namun cukup menyulap rumah sebagai tempat usaha.

  1. Mencari Pemasok

Hal selanjutnya adalah mencari pemasok produk-produk kecantikan dari berbagai merek. Dalam hal ini, sebaiknya carilah pemasok yang memberikan harga cukup murah. Dengan begitu, keuntungan yang Anda peroleh menjadi lebih besar. Selain itu, dengan memilih pemasok yang memberikan harga murah, Anda bisa menetapkan harga produk lebih murah dibandingkan kompetitor Anda.

  1. Memilih Kosmetik Terlaris

Agar semua barang dagangan Anda laris manis di pasaran, juallah produk yang memang banyak digunakan oleh masyarakat. Brand-brand terkenal dengan harga terjangkau masyarakat bisa Anda jadikan sebagai pilihan. Dengan memilih kosmetik yang laku keras di pasaran, maka perputaran uang Anda juga akan lancar. Ini artinya, keuntungan yang Anda dapatkan pun juga cepat didapat, tanpa terhambat barang yang tidak laku.

  1. Memilih Kosmetik yang Asli dan Aman

Kosmetik sangat riskan dengan produk palsu yang dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan. Biasanya, produk seperti ini sangat dihindari masyarakat. Oleh karena itu, pastikan semua kosmetik yang Anda jual asli dan aman. Dengan begitu, masyarakat akan mempercayai toko Anda sebagai tempat terpercaya untuk menemukan kosmetik terbaik. Akan lebih baik lagi jika Anda memproduksi kosmetik dengan brand sendiri. Jangan khawatir masalah produksinya. Anda bisa memanfaatkan jasa maklon kosmetik. Tidak hanya praktis, keaslian dan keamanan produk juga terjamin dengan jasa mereka.

  1. Menetapkan Harga Jual yang Terjangkau

Bagaimana pun juga, harga menjadi penentu apakah masyarakat akan membeli dagangan Anda atau tidak. Oleh karena itu, usahakan agar harga jual yang Anda tetapkan sangat terjangkau oleh masyarakat. Bahkan, jika memungkinkan, tetapkan harga lebih murah sedikit dibandingkan  competitor. Ingat, meskipun hanya selisih Rp500,00, konsumen sangat memperhitungkan hal tersebut.

  1. Memberikan Pelayanan Prima

Satu hal lagi yang  tidak boleh Anda lupakan. Berikan layanan prima kepada setiap konsumen yang datang. Tidak hanya ramah, sebagai pemilik toko Anda juga harus sigap saat menanggapi pertanyaan konsumen. Hal ini penting untuk dilakukan agar konsumen merasa nyaman saat berkunjung ke toko Anda.

Rincian Modal Bisnis Kosmetik yang Perlu Disiapkan

Modal bisnis kosmetik bisa dibilang tidaklah murah. Tak heran jika banyak orang yang harus berpikir ulang untuk memulai usaha ini. Namun begitu, tidak sedikit juga yang berhasil menjadi pengusaha kosmetik meskipun dimulai dari modal tipis. Jika Anda tertarik terjun ke bisnis ini, silakan persiapkan beberapa modal berikut ini.

  1. Modal Investasi

Modal investasi merupakan modal yang digunakan untuk membeli berbagai barang inventaris yang dapat digunakan dalam jangka panjang. Berikut ini beberapa modal investasi yang dibutuhkan tersebut.

  1. Etalase atau rak kaca ukuran besar sebanyak 2 unit seharga Rp2.000.000,00
  2. Kursi sebanyak 5 unit seharga Rp300.000,00
  3. Etalase atau rak kaca ukuran kecil sebanyak 1 unit seharga Rp400.000,00
  4. Cermin duduk ukuran kecil sebanyak 1 buah seharga Rp150.000,00
  5. Spanduk atau papan iklan untuk toko kosmetik seharga Rp450.000,00

Jadi, total biaya untuk modal investasi sebesar Rp3.300.000,00

  1. Biaya Operasional

Biaya operasional merupakan biaya yang harus dikeluarkan dalam jangka waktu pendek. Berikut ini beberapa yang termasuk dalam biaya operasional:

  1. Membeli berbagai macam jenis dan merek kosmetik yang akan dijual seharga Rp5.000.000,00
  2. Membayar upah karyawan satu orang sebesar Rp800.000,00 per bulan
  3. Menyewa tempat usaha sebesar Rp500.000,00 per bulan
  4. Membayar telepon dan listrik Rp200.000,00 per bulan
  5. Menyiapkan biaya tak terduga sebesar Rp500.000,00 per bulan

Jadi, total biaya operasional yang harus disiapkan sebesar Rp7.000.000,00

Dari uraian di atas, maka total biaya yang harus Anda siapkan, baik untuk modal maupun operasional kurang lebih sebesar Rp10.300.000,00.

Modal bisnis kosmetik tersebut khusus jika Anda ingin menjual brand kosmetik milik orang lain. Nah, jika Anda ingin memproduksi kosmetik dengan brand sendiri, pastinya keuntungan yang didapat akan lebih besar. Hanya saja, modalnya pun bertambah karena harus menyediakan beberapa hal berikut:

  • Pembangunan pabrik plus perijinan usaha.
  • Penyediaan alat dan mesin pembuat kosmetik.
  • Penyediaan bahan baku kosmetik.
  • Operator mesin dan peracik kosmetik yang andal.
  • Perijinan ke BPOM.

Semua hal di atas tidak hanya membutuhkan modal berupa material, namun juga waktu pembuatan produk. Namun, tenang saja, pasti ada solusinya. Jika memang Anda berkeinginan menjual merek kosmetik dengan ramuan sendiri, Anda bisa memanfaatkan jasa maklon kosmetik. Cukup memberikan bahan bakunya, formula, desain kemasan, dan biaya penggunaan jasa, maka kosmetik brand Anda sudah akan jadi dan siap dipasarkan di toko Anda. Waktu yang dibutuhkan untuk pembuatannya pun tidak sampai satu bulan.

Dengan menggunakan cara ini, Anda tidak hanya meraup untung dari produk lain, namun juga kosmetik dari brand sendiri. Sebagai owner, Anda juga lebih leluasa untuk memasarkan kepada konsumen yang datang sehingga brand Anda yang dipilih. Bagaimana? Menarik, bukan?